THOUSANDS OF FREE BLOGGER TEMPLATES ?

Jumat, 23 April 2010

Sekitar 2000 dari 5000 jenis ANGGREK di Indonesia Terancam Punah


Sekitar 2.000 dari 5.000 jenis anggrek di Indonesia terancam punah, bukanlah sebuah khayalan dan tidak perlu dilakukan penelitian yang mendalam untuk itu. Meskipun kemudian peneliti dari LIPI Dwi Murti Puspitaningtyas mengatakan di Jakarta, Kamis (18/6) bahwa hal ini diakibatkan pembabatan hutan dan penyelundupan yang dilakukan oleh oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab

Beberapa jenis anggrek yang kini langka, di antaranya Phalaenopsis javanica dari Jawa Barat, Cymbidium hartinahianum dari Sumatra Utara, Paraphalaenopsis denevii dari Kalimantan. Selain itu seluruh jenis anggrek Paphiliopedium appendix CITES adalah jenis anggrek yang tidak boleh diperdagangkan di dalam negeri maupun luar negeri.
Menurut dia, beberapa anggrek langka tersebut, dinilai memiliki keunikan, sehingga kini terus dilakukan perburuan. Fungsinya, adalah untuk dijadikan sebagai induk silangan untuk menghasilkan hibrida baru, sehingga yang terjadi adalah semakin langka jenis anggrek tersebut akan semakin diburu.

Murti mengatakan, eksploitasi anggrek secara besar-besaran yang dilakukan di beberapa daerah seperti di Kalimantan, harus segera dibatasi. Bila tidak, Indonesia akan semakin cepat kehilangan jenis anggrek yang dilindungi, dan tidak menutup kemungkinan jenis anggrek tersebut kini telah pindah menjadi hak milik negara lain.

“Saat ini pemerintah sudah ketat mengawasi perdagangan anggrek ke luar negeri, melalui pengawasan pintu keluar, baik dari bandara maupun pelabuhan, tetapi untuk perdagangan dalam negeri masih sulit dikendalikan,” kata dia.

0 komentar: